PKD Sonoharjo

Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri merupakan salah satu wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1 yang berada di sebelah timur laut  puskesmas Wonogiri 1. Dengan jarak kurang lebih sekitar 7 Km, yang berbatasan dengan wilayah kabupaten Karanganyar. Seperti halnya di desa yang lain, desa Sonoharjo juga memiliki fasilitas pelayanan kesehatan berupa Pos Kesehatan Desa / PKD yang berada di komplek kantor Pemerintah Desa Sonoharjo.

“Keberadaan PKD Sonoharjo selain mendekatkan pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat dan tenaga professional kesehatan kepada masyarakat, juga bertujuan mewujudkan masyarakat sehat yang siaga terhadap permasalahan kesehatan di desanya. Juga menyelenggarakan upaya promosi kesehatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan”, kata dr. Pitut Kristiyanta Nugraha,MM Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Dwi Mulyati Bidan Desa Sonoharjo bersama Kader Kesehatan

Selain itu juga menyelenggarakan upaya preventif berupa pengamatan, pencatatan dan pelaporan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa atau KLB serta factor- factor resikonya. PKD Sonoharjo juga menyelenggarakan upaya pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya di bidang kesehatan serta mengkoordinasikan penyelenggaraan UKBM lainnya yang ada di desa seperti Posyandu dan Posbindu.

Dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan terutama upaya preventif promotif maupun kuratif di PKD Sonoharjo ditugaskan Dwi Mulyati Bidan desa, yang telah menyusun jadwal kegiatan dan disesuaikan dengan kondisi desa Sonoharjo. http://dinkes.wonogirikab.go.id/pkmwonogiri1/sonoharjo/

PKD Sonoharjo dalam pengawasan dan bimbingan dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Wonogiri 1. Pelaksanaan PKD wajib melaporkan kegiatannya kepada puskesmas, adapun pelaporan yang menyangkut pertanggungjawaban keuangan disampaikan kepada kepala desa Sonoharjo. (mBinG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *