MASBRO1-Juli 2019, Survei Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu cara untuk mengetahui pelayanan yang kita berikan sudah memenuhi kebutuhan pelanggan, dalam hal ini pasien. Pada survei yang dilakukan pada bulan juni 2019 pada pelayanan rawat inap, menunjukkan hanya 68,7 % pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan di rawat inap. sedangkan 18,7 % cukup puas dan sisanya 12,6% menyatakan kurang puas. Dari 12,6% pasien yang kurang puas, 82% diantaranya disebabkan karena petugas yang kurang ramah.

Dalam pembahasan dan analisis hasil evaluasi kinerja tengah tahunan, dalam Rapat Tinjauan Manajemen I tahun 2019, merekomendasikan untuk menciptakan sistem yang mampu meningkatkan interaksi antara petugas dan pasien. Setelah pembahasan dilanjutkan dalam forum Lokakarya Mini Bulanan ke-6 (Juni 2019), disepakati program inovasi untuk meningkatkan keramahan petugas dan ppasien dalam program inovasi UKP yang diberi nama ” Salam Satu Menit”.

“Salam Satu Menit” merupakan implementasi Motto Puskesmas Baturetno I (Sahabat Sehat Masyarakat) di unit pelayanan rawat inap, dimana petugas adalah sahabat pasien untuk mencapai kesembuhan. Salam satu menit dilakukan dengan cara petugas wajib mengunjungi pasien yang dirawat, untuk berkomunikasi layaknya sahabat, memberikan semangat, menciptakan suasana ceria, dan bersahabat.

“One Day Care” adalah pelayanan pasien untuk observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan atau upaya pelayanan kesehatan lain dan menempati tempat tidur kurang dari 24 (dua puluh empat) jam. Pelayanan One Day Care diluncurkan dalam rangka mengantisipasi keadaan pasien yang bukan indikasi untuk rawat inap namun memerlukan observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik atau upaya kesehatan lain

Lebih lengkap tentang SALAM SATU MENIT dan ONE DAY CARE dapat dilihat pada posting selanjutnya.