Lomba Sekolah Sehat, merupakan agenda tahunan program UKS yang diselenggarakan oleh 4 Dinas Terkait (Pemerintah Dalam Negeri, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Departemen Agama) yang tergabung dalam Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS)

Instrumen kegiatan yang dinilai dalam Lomba Sekolah Sehat adalah :

A. RUANG KEPALA SEKOLAH

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
Jumlah A

B. RUANG GURU

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
Jumlah B

C. RUANG KELAS

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
6.
Rasio tempat cuci tangan
1-10
1 kelas : 1 tempat cuci tangan
7.
Sarana cuci tangan pakai sabun (CCPS)
1-10
Tempat cuci ada di luar kelas, air mengalir dengan baik, menggunakan gayung/kran, ada sabun dan serbet/tissue
8.
Jarak papan tulis dengan kursi terdepan
1-10
Semua kelas…. 2,5 m
9.
Kepadatan ruang kelas
1-10
Semua kelas…. 2,0 m2/siswa
10.
Rasio tempat sampah dengan jumlah kelas
1-10
1 : 1
11.
Tempat sampah
1-10
Tertutup di setiap kelas, terdapat di luar kelas ada pemilahan
Jumlah C

 
D. RUANG PERPUSTAKAAN

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
6.
Buku-buku tentang kesehatan (selain buku pelajaran termasuk artikel dan majalah kesehatan)
1-10
Minimal 10 judul buku
Jumlah D

E. TEMPAT IBADAH

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
6.
Sarana Ibadah
1-10
Lantai/karpet, kita suci dan perlengkapan ibadah, rak/ lemari/meja/kursi bersih tanpa debu
7.
Tempat wudlu
1-10
1 : 50 terpisah putra dan putri
Jumlah E

F. RUANG UKS

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
6.
Tempat cuci tangan di ruang UKS
1-10
Menggunakan air mengalir dengan sabun dan tissue/lap
7.
Tempat Sampah
1-10
Tertutup dan dipilah
8.
Perlengkapan ruang UKS
1-10
Luas ruang UKS 27 m2, ada tempat tidur, alat ukur berat dan tinggi badan, termometer, moel rahang dan sikat gigi, sarana pelayanan UKGS, snellen chart/Kartu E, lemari, senter, air minum, sendok
9.
Bahan dan obat-obatan P3K
1-10
Obat luar, kain kasa steril, alkohol, plester kecil untuk luka, elastis verban, plester, verbal, spalk, mitela/kain segitiga, gunting dan atiseptik
10.
Obata-obatan P3P
1-10
Obat turun panas/obat pengurang rasa sakit, oralit, talk/bedak cair untuk gatal-gatal, obat maag, obat gosok dan pembalut
11.
Kartu/buku data kegiatan UKS
1-10
KMS AS/buku catatan pengukuran BB/TB, data hasil pemeriksaan kesehatan, data rujukan kasus, data harian dan bulanan, data kegiatan pembinaan UKS dan data penjaringan kesehatan kelas I
12.
Bagan struktur organisasi
1-10
Ada, ditempel di dinding
13.
Papan data kegiatan pelaksanaan UKS
1-10
Ada, ditempel di dinding
14.
Jumlah program/kegiatan TP-UKS
1-10
Minimal 5 kegiatan
15.
Kerjasama TP UKS tahun 2012
1-10
TP-UKS bekerjasama dengan komite sekolah, dinas/instansi terkait lainnya (selain SKB 4 menteri) dan dunia usaha (selain industri rokok)
16.
Guru dan atau kepala sekolah yang mengikuti pelatihan UKS
1-10
Minimal 2 orang yang telah ditatar/dilatih UKS
17.
Pemanfaatan ruang dan fasilitas UKS dalam 1 tahun terakhir
1-10
UKS digunakan sebagai sarana pelayanan dan pembelajaran
18.
Buku-buku pengetahuan/media pendidikan kesehatan
1-10
Buku pedoman tentang kesehatan, ponter/banner, leaflet/booklet dan lembar balik
Jumlah F

 
G. FASILITAS SANITASI

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Air
1-10
Sumber air bersih dari sumur/PAM artetis/gali/ pompa tangan, kualitas dan kuantitas cukup
2.
Jarak sumber air bersih dari sumur peresapan/septic tank dan sumber pencemaran
1-10
Minimal 10 m/PAM
Sumber pencemaran :
– Penampungan limbah
– penampungan sampah
3.
Kondisi kualitas fisik air
1-10
Tidak berwarna, berbau, dan berasa
4.
Ketersedian air bersih di sekolah
1-10
Mencukupi untuk seluruh keperluan sekolah
Jumlah G

H. KAMAR MANDI, WC DAN PETURASAN

ITEM YANG DI NILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
1-10
Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, tempat cuci tangan dan peralatan mandi lengkap dan bersih
2.
Ventilasi
1-10
Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC
3.
Dinding
1-10
Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang
4.
Lantai
1-10
Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat
5.
Pencahayaan
1-10
Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu
6.
Bau kamar mandi/WC
1-10
Semua KM/Wctidak bau
7.
Penampungan atau bak air pada WC/KM
1-10
Tidak ada jentik dan seluruhnya bersih dan tidak berlumut
8.
Saluran/tempat penampungan kotoran
1-10
Dialirkan ke septik tank
9.
WC
1-10
Semua berfungsi
10.
Air pada WC/KM
1-10
Seluruhnya mencukupi
11.
Jentik dilingkungan sekolah (bak mandi, vas bunga,tempat minum burung, dispenser, ember, kaleng bekas, dll)
1-10
Tidak ada jentik
12.
Alat mengambil air/gayung secara umum
1-10
Ada, aman, bersih, tidak membahayakan: tajam, barkarat, berlumut
13.
Proporsi jumlah WC terhadap siswa perempuan termasuk WC guru
1-10
1 : 20
14.
Proporsi jumlah WC/Urinoir terhadap laki-laki
1-10
1 : 20
15.
Jumlah alat dan bahan pembersih
1-10
Ada 4 macam atau lebih untuk seluruh keperluan WC/KM alat dan bahan pembersih :
– Sikat lantai
– Sapu lantai
– Sabun
– Disinfektan
– Kamper
– Sikat WC
– Termasuk yang ada di gudang
Jumlah H

 

I. PELAKSANAAN TRIAS UKS
  a. Pendidikan Kesehatan

ITEM YANG DINILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
a.
Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (KKR) dan pendidikan kesehatan lainnya
1-10
Diberikan 8 materi
Materi Pendidikan KKR
– HIV AIDS, IMS, ISR
– Haid, mimpi basah
– Kehamilan, termasuk KTD
– Gizi remaja
– Tumbuh kembang remaja
– Narkoba
– P3K
– Penyakit lainnya (P3P)
– PHBS
b.
Guru yang mengajar pendidikan kesehatan
1-10
Guru penjaskes/guru BK/ dokter/lainnya
c.
Pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah
1-10
Meliputi 16 indikator PHBS
d.
Peran serta siswa dalam program UKS jenis kegiatan
1-10
Penyuluhan, penjaringan kesehatan/pemeriksaan kesehatan berkala, P3P dan P3K, pengawasan kantin, pemberantasan sarang nyamuk, pemanfaatan kebun sekolah/apotik hidup
e.
Pemantauan kebugaran jasmani
1-10
Ada kegiatan yang mendukung kesehatan dan kebugaran siswa
f.
Pendidikan kesehatan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perilaku beresiko (bahaya rokok dan narkoba, HIV AIDS, seks bebas, kesehatan reproduksi, dll)
1-10
Ada cukup banyak dan aktif
Jumlah I. 1.

  b. Pelayanan Kesehatan

ITEM YANG DINILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
a.
Penyuluhan kesehatan satu tahun terakhir tahun 2012
1-10
Minimal 10 materi ditambah gigi mulut dan flu baru
Catatan :
Penyuluhan yang dilakukan oleh Puskesmas, BNK, Komite Sekolah
b.
Keterampilan siswa dalam penanganan P3K
1-10
Diperagakan siswa (penanganan)
– Pingsan
– Kecelakaan
– Cedera patah tulang
c.
Keterampilan siswa dalam penanganan P3P
1-10
Diperagakan siswa (penanganan)
– Demam
– Pusing
– Muntah
– Diare
d.
Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala siswa
a. Tidak ada
b. Penjaringan kesehatan
c. Pemeriksaan kesehatan berkala
1-10
e.
Kegiatan kader kesehatan remaja termasuk PMR dan konselor sebaya
1-10
Diskusi kelompok tentang Kespro, narkoba, HIV AIDS, DBD, kesling, dll, pendidikan kecakapan hidup sehat, majalah dinding/poster tentang kesehatan remaja
f.
Siapa saja yang terlibat/ mendukung dalam pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak)
1-10
Petugas Puskesmas, guru, orang tua/komite sekolah, kader kesehatan remaja
g.
Apakah ada pemberitahuan kepada murid dan orang tua dari sekolah tentang pelaksanaan BIAS
1-10
Edaran tertulis kepada orang tua
h.
Pelaksanaan program UKGS
1-10
Penyuluhan pemeliharaan kesehatan gigi, perawatan dan pembinaan
Jumlah I. 2.

  c. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat

ITEM YANG DINILAI
SKOR
NILAI YANG DIBERIKAN
KETERANGAN
a.
Halaman
1-10
Tidak becek, menjadi tempat bersarang dan berkembangbiaknya serangga /binatang, ada tempat untuk upacara/olah raga/aula, tersedia saluran penuntasan air hujan yang diserap ke dalam tanah atau dialirkan ke saluran umum, bersih.
b.
Tanaman perindang dan tanaman hias
1-10
Tanaman perindang minimal 2, tanaman hias beragam minimal 10 jenis, tanaman hias tertata rapi, tanaman tidak membahayakan.
c.
Kebun sekolah/apotik hidup
1-10
Terdapatberagam minimal 7 jenis, tertata rapi, diberi label/nama, dan dimanfaatkan
d.
Pagar
1-10
Pagar terawatt dengan baik, bersih, aman bagi warga sekolah, dan berfungsi sebagai pelindung
e.
Penerapan kawasan tanpa rokok di sekolah
1-10
Ada himbauan tertulis/ pointer/stiker/spanduk, dan kebijakan dari kepala sekolah tentang rokok
f.
Kegiatan pemberantasan jentik dan sarang nyamuk
1-10
PSN dilaksanakan seminggu min 1 kl
g.
Suasana lingkungan sekolah, lokasi/letak sekolah
1-10
Nyaman, asri, dan teduh
Jumlah I. 3.

 
Download File : Instrumen Penilaian Lomba Sekolah Sehat klik