Pembebasan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas se-Kab. Wonogiri

Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan warga Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Kabupaten Wonogiri per tanggal 01 Oktober 2018 kemarin membebaskan tarif retribusi pelayanan kesehatan di Puskesmas se-Kabupaten Wonogiri bagi masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan.

Pembebasan retribusi ini didasarkan pada perbup no 49 th 2018 ttg pembebasan tarif retribusi puskesmas tentang Pembebasan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Bagi Penduduk Kabupaten Wonogiri yang Tidak Memiliki Jaminan Kesehatan.

Pasal 2 dalam Perbup tersebut menyebutkan bahwa Jenis-jenis pelayanan kesehatan yang menjadi obyek retribusi di Puskesmas dan jaringannya bagi penduduk Kabupaten Wonogiri dibebaskan dari pengenaan retribusi. Hal ini berarti seluruh pelayanan kesehatan di puskesmas, dibebaskan dari pengenaan retribusi bagi penduduk Kabupaten Wonogiri.

Selanjutnya pada Pasal 3 menyebutkan bahwa : (1) Persyaratan untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan dengan pembebasan retribusi, pengguna jasa harus menunjukan identitas diri asli berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Kartu Keluarga; (2) Bagi anak yang berumur sampai dengan umur 17 (tujuh belas) tahun dengan menunjukkan Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga atau Kartu Identitas Anak (KIA); (3) Bagi bayi yang belum memiliki akte kelahiran dengan menunjukkan Surat Keterangan Lahir disertai Kartu Keluarga atau KTP Elektronik dari ibu; (4) Bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau penduduk Kabupaten Wonogiri yang sedang memproses kepengurusan administrasi kependudukan dengan menunjukkan Surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa atau Lurah setempat. Hal ini berarti apabila tidak dapat menunjukkan salah satu dari dokumen di atas, maka yang bersangkutan tetap dikenai retribusi.

Adapun jenis pelayanan yang diberikan harus : (1) Pelayanan Kesehatan yang diberikan dilaksanakan berdasarkan indikasi medis dan standard prosedur operasional (SPO) yang berlaku; (2) Pelayanan rujukan pasien dengan mobil ambulance/pusling hanya berlaku bagi rujukan yang ditujukan dari Puskesmas rawat jalan ke Puskesmas Rawat Inap dan/atau Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemerintah Kabupaten Wonogiri dikecualikan pada kasus kegawatdaruratan medis yang membutuhkan penanganan segera.

Dalam Pasal 5 menyebutkan Pembebasan tarif retribusi Pelayanan Kesehatan dikecualikan bagi pengguna jasa sebagai berikut : a. Pelayanan Kesehatan atas perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dengan Perusahaan/Lembaga/Organisasi di wilayah Kabupaten Wonogiri yang memberikan fasilitas penjaminan Pelayanan Kesehatan kepada karyawan/pekerjanya. b. Pelayanan Kesehatan atas permintaan pihak ketiga dalam rangka kegiatan bhakti sosial yang melibatkan Puskesmas. c. masyarakat yang sudah memiliki Jaminan Kesehatan dengan status tidak aktif.

Informasi lebih lanjut mengenai Pembebasan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Bagi Penduduk Kabupaten Wonogiri yang Tidak Memiliki Jaminan Kesehatan, dapat menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, telp. 0273-321043, pada jam dan hari kerja. (bondan)