Vaksinasi Pedagang Pasar, Relawan dan Mahasiswa

Vaksinasi Pedagang Pasar, Relawan dan Mahasiswa

Pada hari Selasa, 24 Agustus 2021 sampai dengan Sabtu, 28 Agustus 2021  dilaksanakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada Pedagang pasar, Relawan dan Mahasiswa di Pendopo Kabupaten Wonogiri. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kabupaten Wonogiri ini merupakan gabungan dari 5 Kecamatan yang berada di wilayah Aglomerasi I yakni Kecamatan Wonogiri, Kecamatan Selogiri, Kecamatan Wuryantoro, Kecamatan Manyaran dan Kecamatan Ngadirojo. Pada hari pertama dilaksanakan pemberian vaksin kepada peserta yang berasal dari wilayah Kecamatan Wonogiri, hari berikutnya bergantian dengan 4 kecamatan lainnya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi pedagang pasar, relawan dan mahasiswa di Pendopo Kabupaten Wonogiri. Bupati mengapresiasi para pedagang, relawan dan mahasiswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Tak lupa, Bupati Wonogiri juga menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan terhadap penularan Covid-19 agar pandemi ini dapat segera berakhir.

Pedagang, Relawan dan Mahasiswa yang hadir sebelumnya telah dikoordinasikan dan di data oleh Camat setempat. Peserta membawa KTP dan mengisi formulir, kemudian duduk menunggu antrian untuk dipanggil. Setelah dipanggil, peserta melakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh.

Apabila tekanan darah dan suhu berada pada rentang angka yang diperbolehkan maka dilanjutkan skrining kesehatan oleh dokter. Jika peserta lolos skrining bisa melanjutkan ke bilik vaksinasi untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Apabila ada yang tidak lolos skrining, pemberian vaksin ditunda terlebih dahulu hingga beberapa waktu. Setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, peserta menunggu selama 15 menit untuk dilakukan observasi. Observasi bertujuan untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau keluhan yang dirasakan oleh peserta setelah mendapatkan suntikan vaksin. Setelah 15 menit petugas memberikan kartu vaksinasi yang wajib dibawa untuk mendapatkan suntikan dosis kedua nantinya.

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga menyasar kepada seluruh pedagang pasar se-Kabupaten Wonogiri. Setelah di vaksin diharapkan tingkat imunitas para pedagang akan bertambah, dengan demikian kegiatan perekonomian masyarakat khususnya di lingkungan pasar dapat lebih baik.

Meskipun sudah di vaksinasi harus tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5M yaitu: Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas serta menggiatkan kegiatan 3T: Testing, Tracing dan Treatment untuk penanggulangan COVID-19.