Vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan

Vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan

Mulai tanggal 16 Agustus 2021 dilaksanakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada Guru dan Tenaga Kependidikan sekolah dari mulai jenjang PAUD, TK, SD/MI hingga SMA/MA. Vaksinasi diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan sekolah yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1. Jenis vaksin yang diberikan yakni vaksin jenis Astra-Zeneca. Dilakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri terkait pendataan sasaran guru dan tenaga kependidikan yang belum mendapatkan vaksinasi sehingga didapatkan data sekitar 12000 guru dan tenaga kependidikan belum mendapatkan vaksinasi.

Kegiatan pemberian vaksinasi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk program pemerintah dalam mendukung percepatan vaksinasi untuk upaya penanggulangan pandemi Covid-19 serta mempersiapkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dari jenjang PAUD hingga SMA. Dalam kegiatan ini semua puskesmas di Kabupaten Wonogiri yakni sebanyak 34 Puskesmas melaksanakan pemberian vaksinasi kepada Guru dan tenaga kependidikan sekolah yang berada dalam wilayah kerja puskesmas masing-masing dengan jadwal pelaksanaan dikoordinasikan dengan sekolah terkait.

Guru dan tenaga kependidikan yang sudah mendapatkan undangan vaksinasi mendatangi puskesmas setempat kemudian dilakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh. Apabila tekanan darah dan suhu berada pada rentang angka yang diperbolehkan maka dilanjutkan skrining kesehatan oleh dokter. Jika peserta lolos skrining bisa melanjutkan ke bilik vaksinasi untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Apabila ada yang tidak lolos skrining, pemberian vaksin ditunda terlebih dahulu hingga beberapa waktu. Setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, peserta menunggu selama 15 menit untuk dilakukan observasi. Observasi bertujuan untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau keluhan yang dirasakan oleh peserta setelah mendapatkan suntikan vaksin. Setelah 15 menit petugas memberikan kartu vaksinasi yang wajib dibawa untuk mendapatkan suntikan dosis kedua nantinya.

Meskipun sudah di vaksinasi harus tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5M yaitu: Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas serta menggiatkan kegiatan 3T: Testing, Tracing dan Treatment untuk penanggulangan COVID-19.