Dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional,DINKES mengadakan Evaluasi Balita Sehat Indonesia tahun 2018

Dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional,DINKES mengadakan Evaluasi Balita Sehat Indonesia tahun 2018

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal utama dalam pembangunan nasional.  Untuk mencapai SDM yang berkualitas, faktor gizi memegang peranan penting.  Gizi yang baik akan menghasilkan SDM yang berkualitas, yaitu sehat, cerdas, memiliki fisik yang tangguh dan produktif.

Usia dibawah lima tahun (BALITA) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga sering diistilahkan sebagai ”golden periode” atau periode emas sekaligus periode kritis.   Periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa ini mereka memperoleh asupan gizi yang sesuai dengan tumbuh kembang yang optimal.   Sebaliknya apabila pada masa ini mereka tidak memperoleh asupan makanan sesuai kebutuhan gizinya, maka periode emas akan berubah menjadi periode kritis yang akan mengganggu tumbuh kembangnya, baik pada saat ini maupun masa selanjutnya.

Untuk mengetahui status gizi dan tumbuh kembang balita pada periode emas ini, perlu diadakan evaluasi secara berkala.  Untuk itu, dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2018, Kabupaten Wonogiri melaksanakan evaluasi status gizi dan tumbuh kembang balita yang dikemas dalam Evaluasi Balita Sehat Indonesia (LBSI) pada tanggal 27 April 2018.